BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 25 Oktober 2009

Panduan Beli Motor Bekas


Siapa yang nggak ngiler ditawari motor bekas (motkas) dengan banderol lebih murah Rp 1 juta dibanding harga pasaran? Banderol miring itu bisa ditawarkan motkas tarikan leasing. Maksudnya, motor yang ditarik lantaran kreditnya bermasalah.

Konsumen memang nggak bisa langsung tebus ke lembaga pembiayaan seperti WOM, FIF atau Adira Finance. Motor tarikan debitur menunggak itu leluasa beredar lewat penjual motkas.

Eits, sebelum ngomongin murahnya mending Em-Plus kasih tahu pahitnya dulu. “Pihak leasing nggak menjual motor tarikan ini ke konsumen tapi lewat lelang ke perusahaan penjual motkas seperti Motorex atau pedagang motkas lain,” ujar Hengky, doi Credit Marketing Officer, Summit Oto Finance.

Nah, motor eks kredit ini dijual apa adanya oleh pemenang lelang. Tinggal gimana pedagang motkas memilah dan memoles motor dagangannya.

“Kita belinya paketan. Jadi kondisinya nyampur. Ada yang oke, ada juga yang kurang,” timpal Suhardi alias Koh Wicak, bos Panca Motor di Jl. Ciledug Raya, Kreo, Tangerang.

Biasanya tinggal poles dikit langsung dipajang. Kalau kondisinya kurang oke dilempar lagi ke pedagang motkas kecil. Nah biar nggak salah beli, sampeyan mesti ekstra jeli.

Koh Wicak mengingatkan, sebelum membeli perhatikan seksama komponen. Misal, karburator, setang, knalpot. Kebanyakan pemilik motor suka ‘nakal’ mengganti komponen sebelum ditarik pihak leasing.

“Untuk bagian daleman, lihat baut mesinnya kalau sudah lecet berarti udah pernah dibuka,” lanjut Koh Wicak.

Untuk motor 4-tak mesin berisik kerap berasal dari rantai keteng penggerak noken as. Begitu juga motor 2-tak. Asal suara mesin halus pertanda tak ada kerusakan piston dan silinder.

Nah kalau sudah ketemu motor yang diminati, silakan periksa surat kelengkapan. Cek kondisi fisik motor terus lakukan test ride supaya yakin.

“Lebih sip lagi kalau masih ada buku servisnya. Sehingga riwayat perawatan motor dari pemilik sebelumnya bisa diketahui,” kata Andrianto, kepala mekanik divisi rekondisi CV Bintang Niaga di Jl. Mayor Oking, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kalau oke, tawar langsung!

Sumber :
http://groups.yahoo.com/group/Honda-CB-Indonesia/message/220
3 Februari 2005

Sumber Gambar:
http://202.43.165.157/gramedia/otomotif/otoweb/images/image/News/Juni%202008/Pasaran-Seken-Skutik_gede.jpg

0 komentar: